Sumber dan jenis Sampah

Sumber dan jenis Sampah - Sampah adalah sesuatu bahan atau benda yang sudah tidakdipakai lagi oleh manusia atau benda padat yang sudah digunakan lagi dalam suatu kegiatan manusia dan dibuang. Paraahli kesehatan masyarakat Amerika membuat batasan, sampah(waste) adalah sesuatu yang tidak digunakan, tidak dipakai, tidakdisenangi atau sesuatu yang dibuang yang berasal dari kegiatanmanusia dan tidak terjadi dengan sendirinya.

Dari batasan ini jelas bahwa sampah adalah merupakan hasilsuatu kegiatan manusia yang dibuang karena sudah tidakberguna. Sehingga bukan semua benda padat yang tidakdigunakan dan dibuang disebut sampah misalnya benda-bendaalam, benda-benda yang keluar dari bumi akibat dari gunungmeletus, banjir, pohon dihutan yang tumbang akibat angin ributdan sebagainya.

Dengan demikian sampah mengandungprinsip-prinsip sebagai berikut:
1. Adanya sesuatu benda atau bahan padat.
2. Adanya hubungan langsung atau tidak langsung dengankegiatan manusia.
3. Benda atau bahan tersebut tidak dipakai lagi.





Sumber-sumber Sampah

Sampah bersumber dari:
1. Sampah yang berasal dari pemukiman (domestic waste).
Sampah ini terdiri dari bahan-bahan padat sebagai hasilkegiatan rumah tangga yang sudah dipakai dan dibuangseperti sisa-sisa makanan, baik yang sudah dimasak ataubelum, bekas pembungkus, baik kertas, plastik, daun, dansebagainya, pakaian-pakaian bekas, bahan-bahan bacaan,perabot rumah tangga, daun-daunan dari kebun atau taman.
2. Sampah yang berasal dari tempat-tempat umum.
Sampah iniberasal dari tempat-tempat umum seperti pasar, tempattempathiburan, terminal bis, stasiun kereta api, dansebagainya. Sampah ini berupa kertas, plastik, botol, daundan sebagainya.
3. Sampah yang berasal dari perkantoran.
Sampah ini dariperkantoran, baik perkantoran pendidikan, perdagangan,departemen, perusahaan dan sebagainya. Sampah iniberupa kertas-kertas, plastik, karbon, klip, dan sebagainya. Umumnya sampah ini bersifat kering dan mudah terbakar(rabbish).
4. Sampah yang berasal dari jalan raya.
Sampah ini berasaldari pembersihan jalan yang umumnya terdiri dari kertas kertas, kardus-kardus, debu, batu batuan, pasir, sobekanban, onderdil-onderdil kendaraan yang jatuh, daun-daunan,plastik dan sebagainya.
5. Sampah yang berasal dari kawasan industri.
Sampah iniberasal dari kawasan industri, termasuk sampah yangberasal dari pembangunan industri dan segala sampah yangberasal dari proses produksi, misalnya sampah-sampahpengepakan barang, logam, plastik, kayu, potongan tekstil,kaleng dan sebagainya.
6. Sampah yang berasal dari pertanian atau perkebunan.
Sampah ini sebagai hasil dari perkebunan atau pertanianmisalnya jerami, sisa sayur-mayur, batang padi, batangjagung, ranting kayu yang patah, dan sebagainya.
7. Sampah yang berasal dari pertambangan.
Sampah iniberasal dari daerah pertambangan dan jenisnya tergantungdari jenis usaha pertambangan itu sendiri misalnya batubatuan,tanah / cadas, pasir, sisa-sisa pembakaran (arang),dan sebagainya.
8. Sampah yang berasal dari peternakan dan perikanan.
Sampah yang berasal dari peternakan dan perikanan iniberupa kotoran-kotoran ternak, sisa-sisa makanan, bangkaibinatang, dan sebagainya.





Jenis-jenis Sampah

Kalau kita berbicara sampah, sebenarnya meliputi 3 jenissampah yakni sampah padat, sampah cair, dan sampah dalambentuk gas (fume, smoke). Tetapi seperti telah dibuatkanbatasan diatas bahwa dalam konteks ini hanya akan dibahassampah padat. Sampah cair yang berupa antara lain air limbahakan dibahas dibagian lain. Sedangkan sampah dalam bentukgas yang menimbulkan polusi udara seperti asap kendaraan,asap pabrik dan sebagainya tidak dibahas. Sampah padat(selanjutnya akan disebut sampah saja) dapat dibagi menjadiberbagai jenis.

Berdasarkan zat kimia yang terkandungdidalamnya, sampah dibagi menjadi:
1. Sampah anorganik adalah sampah yang umumnya tidakdapat membusuk, misalnya logam atau besi, pecahan gelas,plastik, dan sebagainya.
2. Sampah organik adalah sampah yang pada umumnya dapatmembusuk, misalnya sisa-sisa makanan, daun-daunan,buah-buahan dan sebagainya.

Sumber dan jenis Sampah


Berdasarkan dapat tidaknya dibakar:
1. Sampah yang mudah terbakar, misalnya kertas, karet, kayu,plastik, kain bekas, dan sebagainya.
2. Sampah yang tidak dapat terbakar, misalnya kaleng-kalengbekas, besi atau logam bekas, pecahan gelas, kaca, dansebagainya.

Berdasarkan karakteristik sampah:
1. Garbage yaitu jenis sampah hasil pengolahan ataupembuatan makanan, yang umumnya mudah membusuk danberasal dari rumah tangga, restoran, hotel, dan sebagainya.
2. Rabish yaitu sampah yang berasal dari perkantoran,perdagangan, baik yang mudah terbakar seperti kertas,karton, plastik dan sebagainya maupun yang tidak mudahterbakar, seperti kaleng bekas, klip, pecahan kaca, gelas,dan sebagainya.
3. Ashes (abu) yaitu sisa pembakaran dari bahan-bahan yangmudah terbakar, termasuk abu rokok.
4. Sampah jalanan (street sweeping) yaitu sampah yangberasal dari pembersihan jalan yang terdiri dari campuranbermacam-macam sampah, daun-daunan, kertas, plastik,pecahan kaca, besi, debu dan sebagainya.
5. Sampah industri yaitu sampah yang berasal dari industri ataupabrik-pabrik.
6. Bangkai binatang (dead animal) yaitu bangkai binatang yangmati karena alam, ditabrak kendaraan atau dibuang orang.
7. Bangkai kendaraan (abandoned vehicle) adalah bangkaimobil, sepeda, sepeda motor, dan sebagainya.
8. Sampah pembangunan (construction waste) yaitu sampahdari proses pembangunan gedung, rumah, dan sebagainya,yang berupa puing-puing, potongan-potongan kayu, besi,beton, bambu, dan sebagainya.





Sekian mengenai Sumber dan jenis Sampah, semoga bermanfaat.

0 Response to "Sumber dan jenis Sampah"

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan sesuai dan bertanggung jawab serta menggunakan bahasa yang baik. Terima kasih :)