Infeksi, Masa tunas, Radang, Recidief, Epidemi, Endemi

Infeksi, Masa tunas, Radang, Recidief, Epidemi, Endemi





1. Infeksi
Infeksi ialah masuknya benih-benih penyakit ke dalam tubuh, hidup dalam tubuh serta berkembang biak biasanya melalui kulit. Perkataan infeksi harus dibedakan dari perkataan invasi. Pada invasi diartikan masuknya benih-benih penyakit ke dalam tubuh melalui mulut. sedangkan pada infeksi dimaksud invasi yang disusul dengan pembiakan. Tubuh selalu mengadakan reaksi terhadap tiap-tiap infeksi. Yang dimaksud dengan reaksi dari tubuh ialah usaha-usaha mempertahankan diri dari tubuh untuk membinasakan benih-benih itu.

Usaha itu ada 2 macam:
Mempergiat pembuatan sel-sel darah putih
Membuat antitoksin-antitoksin guna menawarkan toksin-toksin yang dikeluarkan oleh benih-benih penyakit itu.

Apakah tiap-tiap infeksi akan disusul dengan penyakit? Tidak! Hal ini tergantung dari kekuatan tubuh, artinya apakah reaksi itu cukup kuat atau tidak. Infeksi yang ringan sekali misalnya sama sekali atau hampir-hampir tidak berakibatkan apa-apa terhadap si penderita. Orangnya tidak merasa sakit atau paling keras hanya merasa badan tidak enak sedikit. Sekalipun demikian, bila darah penderita itu diperiksa secara ilmiah, maka dapat diketahui bahwa pada orang itu ada suatu infeksi. Keadaan seperti yang disebut diatas disebut infeksi tumpul. Penyakit-penyakit typhus, paratyphus A, B dan C, dysenterie, dan lain-lain adalah penyakit infeksi. (Penyakit infeksi ialah penyakit yang berjangkit karena masuknya benih-benih penyakit ke dalam tubuh, hidup dalam tubuh itu serta berkembang biak dan membuat toksin-toksin yang merugikan).


Infeksi, Masa tunas, Radang, Recidief, Epidemi, Endemi



2. Masa tunas
Inkubasi (masa tunas) adalah masa antara masuknya bibit penyakit sampai munculnya gejala yang khas dari penyakit tersebut. Apakah seseorang akan segera jatuh sakit bila benihbenih sesuatu penyakit masuk ke dalam tubuh? Tidak! Antara masuknya benih penyakit ke dalam tubuh dan timbulnya gejalagejala pertama ada batas waktunya. Waktu itu disebut waktu inkubasi atau masa tunas. Dalam masa tunas itu terjadi pertempuran yang hebat antara benih-benih penyakit dengan reaksi tubuh. Masa tunas pada tiap-tiap penyakit tidak sama lamanya.

Gambar 7

Penyakit mendadak dan menahun. Pada penyakit radang paruparu, masa tunasnya hanya beberapa hari saja dan serangan penyakit timbulnya secara mendadak (atau acuut). Karena itu penyakit radang paru-paru tergolong dalam penyakit mendadak. Bila berjangkitnya secara mendadak sekali, disebut per akut. Penyakit yang selalu timbul selama dan menahun disebut penyakit menahun atau penyakit chronis. Hal ersebut mungkin terdapat pada penyakit-penyakit malaria, tbc, dysenterie amoeba dan lain-lain.

3. Radang
Radang (inflammation) ialah suatu istilah kedokteran yang dalam bahasa asingnya onsteking. Radang merupakan bentuk gejala pada tubuh akibat reaksi terhadap penyebab radang. Gejalagejala radang ialah: merah, bengkak, nyeri, panas dan fungsi terganggu. Bila ada kulit meradang, maka di bagian kulit itu akan terdapat gejala-gejala sebagai berikut: bagian tersebut tampak merah bengkak, bila diraba terasa panas dan nyeri.

Fungsi bagian kulit tersebut terganggu. Kadang-kadang disertai dengan meningginya suhu tubuh. Pada radang suatu persendian akan tampak pula gejala-gejala tersebut. Radang dapat terjadi dimana mana, misalnya di telinga tengah, tenggorokan, rongga hidung, umbai cacing, ulang-tulang, mata dan lain-lain. Perkataan radang harus dibedakan dari infeksi.

4. Perbedaan antara patogen dan virulen
Basil yang dapat menimbulkan penyakit disebut basil-basil yang patogen. Pekataan patogen ini harus dibedakan dari perkataan virulen. Virulen ialah keganasan dalam menimbulkan penyakit (malignity). Contoh: 100 basil-basil typhus belum dapat menimbulkan gejala-gejala penyakit tersebut. Untuk itu diperlukan jumlah yang jauh lebih banyak. Basil tbc lain lagi. Satu basil tbc saja sudah cukup untuk menimbulkan gejala-gejala penyakit tbc; tak usah 10, 50, 100 buah. Kita katakan basil tbc itu amat virulen (dengan lain perkataan : virulen basil tbc tinggi sekali), sedangkan basil-basil typhus rendah virulennya. Tetapi keduaduanya adalah basil-basil yang patogen.

5. Recidief
Recidief ialah berjangkitnya kembali sesuatu penyakit yang pernah diderita tanpa infeksi baru. Hal tersebut mungkin terdapat pada penyakit-penyakit malaria, typhus, dysenterie dan lain-lain.

6. Endemi
Endemi ialah penyakit menular yang berjangkitnya hanya dalam suatu daerah tertentu.

7. Pandemi
Pandemi adalah berjangkitnya penyakit yang menyebar ke berbagai negara di seluruh dunia. Pada tahun 1918 dalam waktu yang singkat sekali di sebagian besar dari seluruh dunia berjangkit penyakit influenza yang memakan korban sampai jutaan jiwa.

8. Epidemi
Epidemi ialah penyakit menular yang berjangkitnya di sesuatu daerah yang luas; penyakit itu berasal dari daerah itu sendiri. Sesuatu penyakit yang semula endemis dapat berkembang menjadi penyakit epidemis, bila penyakit itu sampai menjalar ke luar daerahnya.





Sekian mengenai infeksi, masa tunas, penyakit-penyakit mendadak dan menahun, recidief, epidemi, endemi.

0 Response to "Infeksi, Masa tunas, Radang, Recidief, Epidemi, Endemi"

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan sesuai dan bertanggung jawab serta menggunakan bahasa yang baik. Terima kasih :)