Pengertian Penyebab dan Jenis Penyakit Tidak Menular

Pengertian, Penyebab dan Jenis Penyakit Tidak Menular



Pengertian Penyakit menular
Penyakit tidak menular adalah jenis penyakit yang tidak dapat menular dari penderita penyakit atau sumber penyakit ke induk semang lainnya. Penyakit tidak menular seperti: cacat fisik, gangguan mental, kanker, penyakit degeneratif, penyakit keturunan, penyakit gangguan metabolisme, dan kelainan-kelainan organ tubuh lain. Penyakit keturunan adalah jenis penyakit yang diturunkan dari orang tua ke anak (keturunan) secara kongenital.



Penyebab penyakit tidak menular
Penyakit tidak menular dapat disebabkan oleh berbagai faktor berikut:
1. Dari dalam tubuh misalnya kelainan fungsi organ tubuh baik keturunan (kongenital) atau dapatan.
2. Dari luar tubuh misalnya: (1) mekanis seperti tertusuk, tertembak. (2) fisik seperti suhu tinggi, terbakar, aliran listrik. (3) kimiawi seperti logam berat, pewarna masakan.


Pengertian Penyebab dan Jenis Penyakit Tidak Menular




Jenis-jenis penyakit tidak menular
1. Tumor
Tumor ialah suatu istilah kedokteran yang dalam bahasa asingnya disebut sebagai kanker. Arti tumor ialah pertumbuhan jaringan tubuh yang tidak menurut perbandingan anatomis dan tidak memandang jaringan-jaringan sekitarnya. Contoh: tumor dari tulang. Dalam keadaan normal pertumbuhan tulang selaras dengan jaringan tubuh lainnya, hingga terdapat harmoni dalam bentuk tubuh. Dalam keadaan yang tidak normal jaringan tulang seolah-olah mempunyai kedaulatan sendiri. Jaringan itu tumbuh semaunya sendiri tanpa memperhitungkan batas-batas anatomis.

Kanker
Ketika sel normal rusak atau tua, mereka mengalami kematian sel yang disengaja oleh tubuh (apoptosis) (1); sel kanker (B) menghindari apoptosis dan terus membelah diri. Kanker adalah segolongan penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel yang tidak terkendali dan kemampuan sel-sel tersebut untuk menyerang jaringan biologis lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis).

2. Penyakit Degeneratif Kencing Manis (Diabetes Mellitus)
Apakah penyebab dari diabetes yang selamanya ini diketahui? untuk lebih dari 80 tahun umumnya dunia kedokteran meyakini bahwa penyebab dari diabetes adalah akibat kegagalan kerja pankreas. Organ penting yang terletak di rongga perut di bawah lambung tersebut menghasilkan beberapa zat kimia yang dibutuhkan tubuh untuk mengekstrasikan energi dan zat makanan dari makanan. Banyak yang meyakini, kegagalan kerja dari pankreas tersebut menyebabkan insulin tidak dihasilkan, dan hal ini yang menyebabkan timbulnya diabetes.

3. Keturunan
Kelainan bawaan atau kelainan kongenital adalah kelainan dalam pertumbuhan struktur bayi yang timbul sejak kehidupan hasil konsepsi sel telur. Kelainan bawaan dapat dikenali sebelum kelahiran, pada saat kelahiran atau beberapa tahun kemudian setelah kelahiran. Kelainan bawaan dapat disebabkan oleh keabnormalan genetika, sebab alamiah atau faktor yang tidak diketahui lainnya.




Sekian mengenai Pengertian, Penyebab dan Jenis Penyakit Tidak Menular.

0 Response to "Pengertian Penyebab dan Jenis Penyakit Tidak Menular"

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan sesuai dan bertanggung jawab serta menggunakan bahasa yang baik. Terima kasih :)